KEREN!!! Microwave Tenaga Matahari dari kardus

Kali ini kami ingin berbagi sebuah tips untuk mengatasi masalah yang jarang atau bahkan bukan masalah yang telalu penting bagi kita, namun tips yang kami bagikan kali ini cukup menyenangkan untuk kita praktikan, apalagi bersama anak-anak kita atau keponakan kita. Bisa jadi ajarkan tips ini ketika anak-anak kita akan mengikuti kegiatan kemah pramuka, setidaknya cukup melatih kreatifitas mereka.
Membuat microwave tenaga matahari sangat mudah dan sederhana, bahan yang digunakan hanya kardus tempat susu dan alumunium foil, atau kertas alumunium. Kertas alumunium merupakan penghantar panas yang cukup baik, biasanya digunakan untuk bikin macaroni panggang, paid an makanan lainya. Jika kita browsing di google pernah sebuah kesalahan besar yang dilakukan oleh seorang pesulap nomer satu di Indonesia
Dedy Corbuzier ketika dia mengendarai mobil keliling Jakarta dengan mata tertutup, kesalahan besar yang dilakukan master Dedy yaitu dia menggunakan alumunium foil untuk menjadi salah satu lapisan penutup matanya dan trik tersebut dilakukan dengan menggunakan mobil tanpa atap dan yang terjadi dengan terik panas matahari Jakarta kulit mata master Dedy perlahan-lahan terpanggang, dan dia memutuskan untuk menghentikan sejenak untuk melepas alumunium foil tersebut dan melanjutkan show-nya. Bisa kita bayangkan betapa cepatnya alumunium foil dalam menghantarkan panas. Begitu juga dengan kue-kue yang dibuat dengan dibungkus alumunium foil, dengan proses pemanggangan yang membutuhkan api kecil alumunium foil bisa membantu proses meratakan panas pada makanan yang sedang diproses.

Siapkan kardus susu
Kita potong kardus susu pada salah satu penampang dan bagian tersebut sekaligus kita putuskan menjadi bagian atas microwave kita. Ketika kita memotong sisakan satu bagian jangan sampai terpotong.


Siapkan alumunium foil
Kita akan melapisi kotak susu dengan alumunium foil, tapi sebelum kita  lapiskan pastikan alumunium foil yang akan kita pakai dalam keadaan kusut agar bisa memantulkan panas pada bada bagian bagian yang kusut. Setelah alumunium dalam keadaan kusut kita melapisi kardus dengan alumunium foil.

Penangkap cahaya matahari
Setelah kita lapisi kardus dengan alumunium foil kita buka penampang yang kita potong tadi untuk diarahkan kearah panas matahari.
Masukan Roti yang akan kita panggang lalu arahkan kearah matahari, tidak bisa dipastikan berapa lama proses pemanggangan dengan microwave tenaga matahari karna proses pemanasan tergantung dengan cuaca.
Bayangkan ketika anak-anak kita mengikuti kegiatan kemah kelompok mereka memiliki pemanggang tenaga matahari ketika kelompok lain sarapan dengan mie instan, mereka bisa membuat rotipanggang dengan cara yang praktis, dan kira-kira apa yang akan dikatakan oleh guru atau Pembina mereka dengan kreatifitas yang mereka buat. Atau kita yang sedang naik gunung kita bisa juga melakukanya untuk teman ngopi meski bisa kita lakukan dengan api tapi microwave tenaga matahari menjadi aktifitas yang cukup menyenangkan. Semoga bermanfaat, bagi sahabat jhonny yang pernah punya pengalaman kreatif kami mengharapkan masukan ide-ide baru untuk kita bagikan kepada para pembaca.

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini

Click to comment